Protokol Kesehatan untuk Liburan di Bali

Protokol Kesehatan untuk Liburan di Bali

Protokol Kesehatan untuk Liburan di Bali – Saat ini, masyarakat Indonesia telah dihadapkan dengan berbagai kesiapan untuk menyambut New Normal atau kehidupan normal baru. Dengan kata lain, aktivitas masyarakat mulai kembali dijalankan setelah terhenti akibat adanya pandemi Covid-19. Meskipun belum dinyatakan terbebas dari pandemi ini, pemerintah beserta masyarakat luas lainnya kini mulai menata hidup sehat untuk berdampingan dengan pandemi Covid-19. Sektor kehidupan yang mulai kembali dijalankan tidak hanya dari segi ekonomi maupun pendidikan saja, melainkan juga dari segi kegiatan liburan maupun pariwisata. Objek-objek wisata sudah mulai kembali dibuka, tak terkecuali dengan aktivitas tour di Bali.

Tour di Bali dengan Menerapkan Protokol Kesehatan

Meskipun sudah secara resmi dinyatakan dibuka untuk sebagian destinasi wisata yang ada di Bali, tak sedikit pun pihak pengelola menetapkan protokol-protokol kesehatan bagi wisatawan yang akan berkunjung. Tentu saja hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menjaga keamanan, kenyamanan, serta kesehatan bersama. Meskipun kita berlibur di tengah-tengah pandemi Covid-19, tetapi tetap terjaga dan terlindungi dengan baik.

Setelah sekian lama kita di rumah saja dan membatasi aktivitas di luar rumah, dengan mulai berlakunya New Normal ini, sudah pasti membuat sebagian besar orang rindu untuk berlibur. Terutama bagi mereka yang memiliki hobi traveling, maka kesempatan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Bali masih menjadi destinasi wisata tujuan yang paling banyak diminati. Apalagi seperti yang kita ketahui, Bali merupakan surganya objek wisata alam yang indah. Beragam paket tour Bali pun bisa kita dapatkan.

Agar menjadi liburan yang menyenangkan dan mengesankan, ada baiknya untuk selalu memperhatikan protokol-protokol kesehatan yang ada. Berikut ini adalah protokol kesehatan saat berlibur ke Bali yang harus dipatuhi demi mencegah terjadinya penularan Covid-19 di tempat wisata.

Berlibur Ketika dalam Keadaan Sehat

Ketika anda memutuskan untuk berlibur ke Bali, pastikan bahwa anda dan keluarga benar-benar dalam kondisi tubuh yang sehat. Jika mengalami gangguan kesehatan, alangkah baiknya untuk tetap di rumah dan tunda rencana liburan anda ke Bali untuk sementara waktu sampai kondisi anda dinyatakan sehat.

Terutama jika mengalami gejala, seperti halnya demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan mengalami sesak nafas, segerakan diri anda untuk periksa ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut. Ada banyak pengunjung wisata yang datang ke Bali. Jika anda mengalami gejala tersebut, maka tetaplah di rumah agar tidak menularkan kepada wisatawan lainnya.

Menjaga Kebersihan Tangan

Ketika anda berlibur ke Bali, sudah pasti beragam paket tour Bali bisa dinikmati dengan mudah. Aktivitas liburan yang bisa kita lakukan pun sangat bermacam-macam. Mengingat banyaknya aktivitas liburan yang dilakukan saat ke Bali, pastinya membuat anda berinteraksi dengan orang lain. Maka dari itulah, pastikan bahwa anda selalu menjaga kebersihan tangan.

Setelah selesai beraktivitas atau melakukan kegiatan liburan yang asyik dan seru, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Untuk lebih praktisnya, anda bisa menggunakan handsanitizer. Sehingga, anda dapat terhindar dari penularan virus maupun bakteri lainnya akibat benda-benda yang anda sentuh sebelumnya.

Hindari Menyentuh Area Wajah

Tak cukup hanya dengan menjaga kebersihan tangan setelah melakukan aktivitas liburan, anda juga harus selalu disiplin dalam menyentuh area wajah. Hal ini perlu untuk diperhatikan dan selalu diingat. Pasalnya, Bali memiliki banyak pilihan objek wisata pantai yang sangat menggoda.

Melakukan berbagai macam kegiatan di pantai, pastinya membuat anda merasa gerah dan panas karena terik matahari. Ketika anda merasakan suasana yang demikian, area wajah pastilah mengeluarkan keringat. Meskipun demikian, hindari menyentuh area wajah seperti halnya hidung, mulut, dan mata saat di tempat wisata. Bila anda ingin membersihkan area wajah, maka gunakan cara yang lebih aman dan di tempat yang tepat.

Selalu Menggunakan Masker

Sejak dulu, tour di Bali merupakan pilihan tepat untuk menghabiskan waktu liburan. Walaupun di tengah-tengah pandemi Covid-19, wisata ke Bali masih menjadi primadona. Oleh karena itu, sudah dapat dipastikan berapa banyak pengunjung yang akan datang. Sebagai protokol kesehatan yang tepat, jangan lupa untuk selalu menggunakan masker selama berada di lokasi daya tarik wisata.

Penggunaan masker ini terbilang efektif untuk melindungi anda selama liburan. Di Bali pun juga menyediakan jasa sewa mobil Bali. Dengan adanya pelayanan ini, perjalanan wisata anda ke Bali akan semakin mudah, lancar, dan terasa lebih lengkap. Meskipun di dalam mobil, anda juga tidak boleh melupakan penggunaan masker yang tepat. Sehingga perlindungan anda dan keluarga tercinta semakin maksimal.

Tetap Memperhatikan Jarak

Bali memang menawarkan berbagai macam keindahan tempat wisatanya. Anda tak boleh melewatkan pemandangan indah yang satu ini. Apalagi jika anda dapat menikmatinya sembari memanfaatkan jasa sewa motor Bali. Berkeliling menggunakan kendaraan bermotor saat menuju objek wisata Bali, sudah pasti membuat perjalanan menjadi seru.

Selain itu, memberikan kemudahan bagi anda untuk menghindari kemacetan. Sesampainya di tempat tujuan wisata, pastinya anda akan bertemu banyak pengunjung. Maka dari itulah, tetaplah memperhatikan jarak minimal 1 meter dengan pengunjung yang lainnya. Terutama saat mengantri untuk membeli tiket atau membeli makanan maupun minuman.

Segera Mandi dan Berganti Pakaian

Objek wisata yang ada di Bali pastinya menyediakan hotel maupun penginapan untuk anda beristirahat. Setelah anda selesai melakukan aktivitas liburan dan kembali ke penginapan, maka segeralah untuk mandi dan ganti pakaian. Hal ini pun juga berlaku saat anda pulang ke rumah.

Sebelum menjalin kontak dengan anggota keluarga di rumah, pastikan kondisi tubuh anda sudah benar-benar bersih. Ketika tour di Bali dan membawa sejumlah perlengkapan seperti handphone, kacamata, tas, maupun barang lainnya, maka bersihkan dengan menggunakan cairan disinfektan. Protokol-protokol kesehatan ini wajib anda patuhi selama berlibur ke Bali guna menunjang kepentingan bersama.

Ngurah Satya Arnawa
Hanya Hobi menulis menyalurkan hayalan hayalan yang terbenam di benak ini, terima kasih sudah membaca, mohon maaf jika ada salah penulisan kata kata WhatsApp : 08761545410