10 Desa Wisata Budaya di Bali yang Unik dan Terkenal Dikalangan Wisatawan – Bali sebagai salah satunya teritori rekreasi yang cukup lengkap. Dimulai dari wisata alam, sampai wisata budaya berada di sana. Wisatawan yang tiba juga bebas pilih alternative wisata yang sesuai kemauan mereka. Satu diantaranya dengan berkunjung dusun rekreasi yang unik dan kemungkinan tidak berada di tempat lainnya. Bila Anda berminat untuk berkunjung dusun rekreasi di Bali, berikut sejumlah lokasi yang direkomendasikan.

  1. Desa Panglipuran

Desa rekreasi pertama kali yang terpopuler di Bali ialah Desa Panglipuran. Dusun rekreasi ini mempunyai tempat selebar 112 hektar dan sebagai salah satunya Rekreasi Budaya di Bali yang harus didatangi. Dari demikian hektar, cuma lebih kurang 9 hektar saja yang digunakan sebagai rumah dan perkampungan.

dewa wisata penglipuran

Tersisa tempat di desa itu digunakan sebagai perkebunan masyarakat sekitaran. Desa ini telah menjadi satu diantara dusun rekreasi di Bali yang terkenal. Walaupun begitu, kekayaan budaya di situ selalu terlindungi sampai sekarang ini.

Dusun ini mempunyai wujud pemukiman yang paling unik, yakni rumah-rumahnya yang memakai beberapa bahan bangunan alami seperti bambu, kayu, dan dedaunan sebagai atapnya. Dusun ini juga bersih dan rapi.

  1. Desa Trunyan

Desa Trunyan adalah desa paling tua di Bali yang mempunyai adat unik. Adat itu ialah adat menempatkan mayat dalam suatu anyaman bambu. Namanya ialah Seme Wayah.

Tidak seperti mayat secara umum yang dikubur atau dibakar, mayat di dusun Trunyan ini diberlakukan serupa dengan adat suku Toraja, yakni cuma ditempatkan demikian saja dan didiamkan membusuk sendirinya.

Kekhasan dusun ini jadi daya tarik tertentu untuk beberapa orang yang ingin mengetahui lebih dalam berkenaan adat itu. Sekarang desa ini menjadi satu diantara desa wisata yang dapat didatangi wisatawan.

  1. Desa Ubud

Salah satunya Panduan Berlibur Murah ke Bali dengan bertandang ke rekreasi alam. Kawasan Ubud sebagai salah satunya kawasan rekreasi yang lumayan disukai oleh pelancong. Daya tariknya ialah panorama alam yang paling indah dan masih alami di Ubud.

Dusun Ubud mempunyai daya tarik lain selainnya pemandangan alamnya yang alami, yakni pusat kesenian di Bali. Beberapa kesenian khas di Dusun Ubud yang disukai pelancong lokal dan luar negeri ialah seni ukir, tari, patung, gambar, dan yang lain.

Dusun Ubud sekarang ini mempunyai predikat sebagai dusun rekreasi bertaraf internasional, hingga namanya akan makin terkenal dan didatangi banyak wisatawan lokal dan internasional.

  1. Desa Teganan

Dusun rekreasi di Bali selanjutnya ialah Desa Teganan. Dusun ini adalah dar tiga dusun di Bali yang masuk ke formasi Bali Aga. Bali Aga ialah konsep dusun tradisional yang dijaga sejak dulu sampai sekarang ini.

Desa Teganan ini masih mengaplikasikan mekanisme tradisional dalam transaksi bisnis jual-beli mereka. Salah satunya mekanisme ganti menukar barang atau barter.

Dan karier dari warga Dusun Teganan tersebut umumnya ialah petani dan seniman. Seniman di Dea Teganan umumnya ialah perajin bambu, seniman gambar, dan penenun kain.

  1. Desa Batubulan

Nama dusun ini tak lagi asing di telinga warga. Dusun Batubulan yang disebut salah satunya Tempat Rekreasi di Bali ini kerap didatangi wisatawan yang ingin menyaksikan pertujukan tari tradisionil ciri khas Bali. Umumnya atraksi yang diperlihatkan ialah tari barong, legong, dan kecak.

Dusun Batubulan mempunyai bermacam kerajinan seni yang lain yang menrik perhatian wisatawan untuk belanja oleh-olehan. Oleh karena itu kawasan ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Beberapa kesenian yang kerap dipasarkan di toko souvenir Batubulan diantaranya kesenian patung dan kesenian ukiran. Bila Anda pencinta kerajinan seni, karena itu lokasi ini menjadi alternatif yang direkomendasikan.

  1. Desa Pelaga

Dusun rekreasi di Bali yang lain ialah Desa Pelaga. Dusun ini merupkaan salah satunya dusun tradisi dan dusun seni yang kerap didatangi wisatawan yang menyukai akan ide agrowisata. Lokasinya berada di Kecamatan Petang, Kab. Badung, Bali.

Teritori Dusun Pelaga dan agrowisatanya kerap dikatakan sebagai Bagus Agro Pelaga. Lokasi desa ini ada di Gunung Catur, yakni di Puncak Mangu. Hal menarik disana sudah pasti keelokan alamnya yang hijau.

Situasi yang sejuk dan dingin akan membuat wisatawan kerasan lama-lama di situ untuk nikmati pemandangan yang ada. Di dusun ini ada juga banyak tanaman yang dapat disaksikan. Disamping itu, ada beberapa aktivitas dan penginapan yang dapat disewa untuk menginap.

  1. Desa Budaya Kertalanggu

Dusun budaya Kertalanggu adalah desa rekreasi yang ada di Bali dengan tingkat internasional. Desa ini mempunyai budaya dan peninggalan tradisi istiadat yang tetap terlindungi dan sekarang ini kerap didatangi sebagai objek wisata. Cocok untuk Tempat Rekreasi Anak di Bali sebagai pembelajaran budaya.

Lokasinya ada di Ngurah Rai, Denpasar. Terletak yang tidak jauh dari pusat perkotaan membuat desa ini makin terkenal dan didatangi banyak wisatawan. Dusun ini mempunyai luas lebih kurang 80 hektar. Daya tariknya ialah perkebunan dan persawahan yang masih hijau.

Desa rekreasi ini baru dibuka pada 2005. Banyak kegiatan hebat tang dapat dilaksanakan di desa ini, seperti melukis layang-layang, menganyam, menunggang kuda, melukis dan menari, dan ada banyak kembali.

  1. Desa Celuk

Dusun rekreasi selanjutnya ialah desa Celuk. Dusun ini ialah surganya kerajinan perak di Bali. Bila Anda benar-benar menyukai kerajinan dari perak, karena itu lokasi ini ialah lokasi yang paling pas untuk Anda.

Dusun Celuk adapah produsen karya seni kerajinan perak. Dusun ini juga sah jadi desa rekreasi yang dapat didatangi pelancong. Umumnya wisatawan yang tiba ialah mereka yang tertarik sama kerajinan perak ini.

Di situ, pengunjung dapat menyaksikan sendiri proses pembuatan karya seni. Ada pula toko souvenir khusus kerajinan perak yang siap untuk layani Anda dalam cari oleh-olehan.

  1. Desa Jatiluwih

Desa rekreasi selanjutnya ialah Desa Jatiluwih. Lokasinya benar-benar sejuk dan fresh mempersejuk mata dan pemikiran. Desa rekreasi ini pas untuk wisatawan yang ingin kabur sesaat dari kegiatan rutin di tengah perkotaan.

Situasi Desa Jatiluwih akan menganakemaskan mata. Dengan pemandangan sungai, sawah, dan rumah perdesaan yang paling simpel. Disamping itu, panorama ciri khas perdesaan makin tergambar dengan kegiatan beberapa petani yang berada di desa itu.

Desa rekreasi ini telah diputuskan oleh UNESCO sebagai salah satunya peninggalan budaya dunia yang sayang untuk dilewati demikian saja bila Anda bertandang ke Bali.

  1. Desa Pinggan

Desa Pinggan sebagai salah satunya alternative dusun wisata yang dapat didatangi saat berekreasi ke Bali. Desa Pinggan ini ada di dekat Gunung dan Danau Batur. Udara di situ sangat segar dan sejuk.

desa pinggan kintamani

Bahkan juga pada siang hari, temperatur udara di situ cuma sekitar 21 derajad celcius. Pas untuk Anda yang paling sukai akan suasawan pegunungan. Walaupun cukup jauh dari bandara (79 kilometer), tetapi lokasi ini tidak membuat Anda sedih.

Danau Batur tersebut ada di Desa Pinggan dan telah diputuskan oleh UNESCO sebagai taman bumi atau global geopark nertwork. Bila Anda sukai rekreasi alam di perdesaan, Dusun ini dapat menjadi alternative berlibur yang mengagumkan sekalian menjadi Spot Photo di Bali yang memikat.

Demikian beberapa dusun rekreasi di Bali yang direkomendasikan dengan kekhasan dan daya magnet tertentu. Tentukan destinasi favorite Anda dan datangi desa wisata itu saat liburan ke Bali. Semoga bermanfaat.