SHARE
Pura Puncak Kedaton
DomaiNesia

Pura Pucak Kedaton Bagaikan Negeri di Atas Awan – Di kabupaten Tabanan tepatnya di Kecamatan Penebel terdapat pura yang belum begitu terkenal bagi masyarakat Bali. Lokasinya berada di Puncak Gunung Batukaru, yaitu Pura Pucak Kedaton. yang berada di puncak Gunung Batukaru. Gunung Batukaru adalah tertinggi kedua setelah gunung Agung yang berada di Kabupaten Karangasem. Di Kaki Gunung Batukaru terdapat Pura Sad Kayangan Pura Luhur Batukaru, yang merupakan istananya Dewa Mahedewa, yang berada di desa Desa jatiluwih, Desa Pujungan dan Wongaya Gede penebel Tabanan. Gunung Batukaru termasuk gunung yang tidak aktif. Tinggi Gunung batukaru 2.200 meter dari permukaan laut (mdpl). Caldera atau sisa kawah gunung Batukaru menghadap arah tenggara, dan menghadap tepat ke Pura Batukaru.

Untuk menuju Pura Pucak Kedaton anda harus menempuh perjalanan atau trekking sekitar 4 jam dari kaki Gunung Batukaru. Untuk tujuan trekking atau sembahyang ke Pura Pucak Kedaton, lebih mempersiapkan perlengkapan, makanan dan minuman, karena lokasi menuju ke lokasi Pura, anda harus melewati jalan yang terjal dan bersemak semak, karena Gunung Batur mempunyai curah hujan yang tinggi. Selama perjalana anda akan di iringi suara binatang dan suara angin yang berhembus menggoyang pepohonan. Dan jangan anda sampai anda mengucapkan kata kata kasar dan mengucapkan kata capek atau lelah, utamakan menjaga sopan santun dalam perjalanan menuju Pura Pucak Kedaton. Namun lelah anda akan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian yang anda mungkin lihat jika sudah berada di puncak gunung Batukaru.

trekking ke gunung batukaru blingurah.com
picture 4.bp.blogspot.com

Pura Pucak Kedaton yang di puja adalah Dewa Mahadewa yang bermanifestasi sebagai Dewa Ida Betara Panembahan Penataran Jagat Bali, terdapat beberapa pelinggih dan plank nama yang bertuliskan Pura Pucak Kedaton. Usahakan jangan mengambil apapun disini kecuali dan membuang sampah sembarangan. Anda akan seperti berada di negeri atas awan, karena awan berada di bawah anda. usahakan berangkat pada pagi hari supaya anda bisa melihat matahari terbit dari timur, suhunya juga berada di titik terendah.

matahari terbit gunung batukaru blingurah.com
picture 1.bp.blogspot.com

Pesona alam yang bisa dilihat dari arah timur anda bisa melihat Gunung Agung, dari arah utara anda bisa melihat indahnya danau tamblingan, di selatan kaki pulau bali yang terlihat jelas, untuk wilayah barat Gunung Baluran dan Gunung Rawung di jawa Timur akan terlihat jelas dai puncak Gunung Batukaru. Jika anda berencana untuk mekemit sebaiknya lengkapi peralatan, makanan dan minuman. Pemandangan bintang di atas langit yang indah pas malam hari. Jangan lupa mengambil foto atau gambar untuk di bagikan kepada teman dan saudara anda di social media.

Info : Jalur Pendakian : Ada tiga jalur utama, pertama Desa Jatiluwih (840 mdpl), Pura Batukaru (835 mdpl) dan sisi barat laut Desa Pujungan (1.090 mdpl).

Mohon maaf kalau ada tulisan salah, cuma mau berbagi informasi tentang kebudayaan dan keunikan Bali

www.domainesia.com