Home Serba Serbi Bali Petani garam tradisional di Desa Kusamba

Petani garam tradisional di Desa Kusamba

1254
0
SHARE

Ketika mendengar nama “Desa Kusamba”, apa yang ada ke dalam pikiran anda, pasti pikiran anda nelayan tradisional dan pelabuhan, serta perahu tradisional mereka. Desa Kusamba, yang terletak di titik paling timur Kabupaten Klungkung, merupakan daerah pesisir, yang penduduknya hampir semua nelayan. Laut adalah wilayah utama aktivitas ekonomi bagi masyarakat Desa Kusamba.

Ciri lain yang unik dari desa Kusamba adalah bertani garam tradisional yang masih dipraktekkan sampai hari ini. Petani garam tradisional di desa Kusamba masih menggunakan metode seperti palungan (tempat menaruh air laut) yang terbuat dari batang pohon kelapa serta alat tradisional untuk membuat garam lainnya.

Pertanian garam tradisional membutuhkan proses yang panjang yang mencakup mengambil air laut, tegang air laut melalui gundukan pasir khusus disiapkan, menunggu hingga kering dan kemudian diproses lebih lanjut terjadi, akhirnya berakhir dengan garam konsumsi. Karena masih menggunakan cara traditional, hasil akhirnya tergantung pada sinar matahari, jadi musim hujan menjadi kendala bagi petani garam di Desa Kusamba.

Meskipun sekang metode modern untuk pengolahan garam, tidak bergantung pada sinar matahari, tetapi masyarakat petani garam traditional di desa Kusamba diharapkan untuk melestarikan cara tradisional pertanian garam karena dapat menarik wisatawan yang ingin mengetahui bagaimana garam dibuat secara tradisional, untuk datang ke desa Kusamba. Sehingga membuat Desa ini semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Mengingat tradisi unik ini Kusamaba, pemerintah daerah diharapkan untuk memainkan peran yang lebih besar dalam bekerja dengan masyarakat untuk melestarikan cara traditional ini. Sehingga tidak punah oleh kemajuan teknologi.  Objek Wisata yang dekat dengan Desa Kusamba yaitu Objek Wisata Goa Lawah, pantai Padang Bai. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam mencari destinasi yang baru dan unik di Bali

www.domainesia.com