Tirta Yatra Ke Pura Tirta Pingit dan Kailash Besakih

2969
0
SHARE

Pada tanggal 19 juni 2016, Tepat hari raya purnama, saya bersama teman teman pergi Tirta Yatra ke Pura Tirta Pingit dan Kailash Besakih yang berada di kabupaten Karangasem, kami menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Gianyar. Kami sampai sekitar jam 11 siang di Pura Pengubengan. Selanjutnya kami menuju Pura Tirta pingit, kita akan menuruni anak tangga sebelum sampai ke Pura Tirta Pingit. Pas sampai disana belum begitu ramai, jadi kita bisa foto foto dulu sebelum sembahyang. Di Pura Tirta Pingit kita membawa Pejati 2 dan kita dapat melukat, sungguh segar tirtanya. Disana kita juga dapat Tirta untuk di bawa pulang, saat itu kita lupa bawa jerigen kecil, untungnya sudah ada dagang disana yang jual heheh. Kita disana ada sekitar 1 jam lebih.

Tirta Yatra Ke Pura Tirta Pingit

Selanjutanya kita menuju ke Kailash yang berjarak kurang lebih 200M, jalan menuju ke Kailash tidak begitu bagus, tapi sangat menyenangkan ketika menuju kesana, suasana masih alami. Di dalam perjalanan kita akan menemui pelinggih, sekitar setengah jam perjalanan kita sampai di Kailash. Disana Kailash sudah ada pemangku, umur pemangkunya masih muda sekitar 30 tahun. Di kailash sudah banyak orang yang sudah menunggu untuk sembahyang. Di Kailash ada batu yang menyerupai gunung kailash di India, istananya dewa Siwa. Di atasnya kita akan lihat air terjun yang tidak ada airnya, sungguh indah pemandangannya. Tirta yang dapat kita minta berasal dari air terjun yang berada di atas, yang keluar air di waktu tertentu. setelah selesai kita sembahyang kita istirahat sejenak disana, dan tidak lupa untuk mengabadikan di kamera ponsel. Kita juga dapat ngobrol dengan pemangku, dan bercerita sedikit sejarah dan kapan Kailash ini di temukan.

Pura Tirta Pingit dan Kailash Besakih

Selesai kita instirahat kita kembali ke Pura Pengubengan tempat kita memarkir mobil, di Pura Pengubengan kita juga sembahyang, di wantilan Pura, kita istirahat untuk makan, sambil memulihkan tenaga karena naik anak tangga tadi heheh. Di Perjalanan pulang kita juga sembahyang di Pura Besakih. Setelah dari pura Besakih kita langsung kembali pulang, sekitar jam 5 Sore kita sampai dirumah. Walaupun melelahkan, tapi pengalaman kesana sungguh menyenangkan. Ini kisah saya Pergi Tirta Yatra ke Pura Tirta Pingit, Kailash, Pura Pengubengan dan Pura Besakih. Kalau ada kata atau penulisan saya mohon maaf.