SHARE

Hampir sama dengan Echo Beach, Pantai Batu Bolong yang terletak di Desa Canggu, Kerobokan Kecamatan, Badung atau sekitar 200 meter berdekatan dengan Echo Beach menyajikan gelombang besar dan mempesona untuk berselancar. Sunset yang indah  juga mendukung pantai ini menjadi lebih menarik. Bahkan, pantai Batu Bolong telah menjadi salah satu tujuan terkenal setelah Kuta yang dikunjungi oleh wisatawan asing yang ingin berselancar. Hal ini juga cocok untuk rekreasi atau bersantai sambil menikmati suasana segar yang mengalir dari Samudra Hindia.

Untuk mencapai pantai Batu Bolong para wisatawan harus memasukkan Jalan Batu Bolong atau sekitar 35 km dari Bandara Ngurah Rai. Selain Surfing, pantai ini biasanya digunakan umat Hindu untuk Upacara mana di depan pantai ada dua Pura, yaitu Pura Batu Bolong dan Pura Luhur Bhujangga Waisnawa. Ini adalah alasan pantai ini telah dikenal oleh wisatawan asing sebagai tempat yang terbaik untuk berselancar dengan kegiatan Hindu menarik.

Di hari tertentu seperti hari Piodalan di salah satu pura, tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat Desa Canggu. Ketika ada upacara Melasti, Mendak Pratima, Mesuci dan melukat, orang-orang dari luar desa seperti Kapuan, Baturiti, Petang dan Abiansemal sering melakukan upacara di pantai ini. Upacara ini kadang-kadang ditangkap oleh para wisatawan untuk mengambil beberapa gambar dari itu.

Dengan akses yang baik dari tempat ini mungkin para wisatawan tinggal lebih lama di sini untuk menikmati segala sesuatu, selain berselancar dan melakukan upacara. “Kegiatan di sisi timur pantai adalah memancing. “Ada kelompok nelayan bernama Merta Segara Canggu yang masih dilestarikan sejak tahun 1986. Nelayan masih menggunakan kapal tradisional untuk menangkap ikan, sebenarnya objek ini juga menjadi daya tarik para wisatawan.

Para wisatawan yang ingin menikmati berselancar dapat menyewa papan selancar di pantai ini. “Jika wisatawan ingin menyewa papan selancar, hanya Rp 150,000-200,000 sesuai dengan ukuran dan Rp 40.000 untuk papan tubuh. Ada penjual, pakaian pantai atau aksesoris seperti kalung, gelang, sekitar Pantai Batu Bolong.