SHARE
kubu-hobbit-di-desa-pedawa

Rumah Hobbit di Desa Pedawa, Tawarkan sensasi seperti film ‘Lord of the Rings’ – Desa Pedawa di Kecamatan Banjar, Buleleng, tidak hanya dikenal sebagai daerah penghasil kopi atau tradisi unik yang dimiliki. Namun, desa yang tergabung dalam Bali Aga atau desa kuno ini juga memiliki objek wisata berupa Hobbit House. Meski baru dibuka beberapa bulan lalu, kedatangan wisatawan cukup ramai. Lalu, keunikan apa yang ditawarkan desa ini kepada pengunjung?

Keunikan Hobbit House

Rumah mungil ini memiliki desain yang unik. Bahan yang digunakan tidak beton, tapi batang kopi, bambu, akar pohon, kaleng bekas dan ranting buah kelapa. Ini bisa memancarkan kesan alami, nuansa artistik dan tampilan klasik. “Semua bahan syang udah tidak digunakan lagi, sehingga bisa menciptakan nilai artistik,” Pembuatannya terinspirasi oleh film ‘Lord of the Rings’ yang bercerita tentang karakter kecil dan pendek yang disebut Hobbit. Karena tubuhnya pendek, maka rumah yang dibangun juga sangat kecil. “Saya suka menonton filmnya. Menurut saya Hobbit bukan orang yang kekurangan tapi dengan beberapa kelebihan.

kubu-hobbit-di-desa-pedawa

Kunjungan masyarakat disertai dengan selfie untuk diunggah di media sosial mereka. Sejak saat itu, rumah yang diklaim pertama di Bali telah menjadi sasaran kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak hanya untuk memotret, mereka juga menikmati alam sejuk yang ditawarkan oleh alam yang indah ditambah kopi khas Pedawa beserta camilan aren dan sengait.

Pada awal kemunculannya, pengunjung yang datang ke rumah yang berada di tengah perkebunan cengkeh dan kebun durian tidak dikenakan biaya. Namun, karena pengelolaannya melibatkan pemuda desa setempat, seperti di tempat parkir, akhirnya dia mengenakan biaya Rp 10.000 per orang. “Dengan jumlah ini, pengunjung bisa bebas selfie secara langsung sehingga daya tarik ini juga memberdayakan warga sekitar.

Mengingat desa Pedawa memiliki status sebagai desa wisata, rumah yang didirikan di atas tanah seluas 0,41 hektar tersebut rencananya akan dilengkapi dengan akomodasi penginapan, gerai makanan dengan menyediakan makanan tradisional Pedawa, dan tempat pemanggangan kopi tradisional ke modern. “Kami akan berkembang secara bertahap karena membutuhkan modal yang cukup besar. Yang terpenting, Pedawa bisa dikenal sebagai tujuan Bali Aga,

Lokasi

Untuk lokasi Rumah Hobbit Pedawa berada di Kecamatan Banjar Buleleng Bali yang berada di Bali Utara, dekat dengan Asah Gobleg dan Bangkiang Sidem yang terkenal dengan wisata Bali Aganya, dari Denpasar menempuh waktu sekitar 2 jam perjalanan searah menuju Kebun Raya Bedugul.