Pura Ulun Danu Beratan

87
0
SHARE

Pura Ulun Danu Beratan adalah Pura Hindu Bali yang terletak di desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti dan Kabupaten Tabanan. Jarak dari kota Denpasar sekitar 50 km arah utara jalan dari Denpasar ke Singaraja. Letaknya di tepi danau Beratan dengan pemandangan danau yang indah dan perbukitan mengelilinginya. Terletak di daerah dataran tinggi dengan suasana sejuk mengelilingi dan perbukitannya sebagai latar belakang. Kita dapat menemukan di sisi utara candi ini adalah gunung Pucak Sangkur, di sisi timur terdapat Gunung Beratan yang juga disebut Pucak Mangu atau Pucak Pangelengan, di sisi selatan terdapat Pura Terate Bang Mount dan di sisi barat terdapat Gunung Tapak dan Gunung Watukaru.

pura ulun danu beratan2

Cerita dan Pura Philosophy Ulun Danu Beratan

ulun danu, bali, bedugul, beratan, pura, ulun danu bali, bedugul bali, tempat, tempat menarik, danau, candi di danau, candi bali di danau Nama Pura Ulun Danu Beratan diambil dari danau tempat pura tersebut dibangun di Danau Beratan. Nama Danau Beratan tidak terpisahkan dengan Gunung Beratan sebagai Dewa dan Dewi sebagai sumber kesuburan, kemakmuran untuk menjaga kemakmuran hidup dan kehidupan masyarakat. Dalam kronik papirus Mengwi, pura ini disebut dengan nama Parhyangan ri pinggiring danu Beratan (sanctum yang terletak di danau Danau Beratan). Ulun berasal dari kata Hulu yang berarti kepala atau kekuasaan dan dalam hal ini yang dimaksud oleh Ulun Danu Beratan berarti kekuatan Danau Beratan yaitu Dewi Danu.

taman bermainpura ulun danu beratan

Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari 4 kompleks pura yaitu:

  1. Pura Lingga Petak memiliki fungsi untuk menyembah Desa Siwa
  2. Pura Penataran Pucak Mangu disebut gerbang ini sebagai Parhyangan ri pinggiring rawa Beratan atau Pura Danu Beratan yang didirikan oleh I Gusti Agung Putu untuk menyembah Hyang ing Parwata atau Dewa yang ditempatkan di Pucak Mangu yaitu Bhatara Hyang Danawa sesuai papirus Padma. Bhuwana dan Usana Bali, karena Gunung Mangu terletak di arah utara, maka itu disebut Bhatara Hyang Danawa atau Dewi Wisnu.
  3. Pura Terate Bang berfungsi untuk menyembah Tuhan Brahma
  4. Pura Dalem Purwa berfungsi untuk menyembah Dewa Danu yang dianggap mukjizat dari Bhatara Hyang Danawa atau Dewi Laksmi.

restaurant pura ulun danu beratan

Upacara di Pura Ulun Danu Beratan

Pelaksanaan upacara pura di Pura Ulun Danu Beratan terdiri dari dua jenis yaitu:

  • Upacara pura yang dilaksanakan setiap enam bulan (210 hari) itu di Anggara (Selasa) Kliwon Julungwangi (berdasarkan kalender Hindu Bali). Setiap 12 bulan (420 hari) dilaksanakan oleh upacara yang lebih besar dari upacara biasa, yang disebut Piodalan Agung
  • Upacara Pakelem dilaksanakan setiap saat sesuai dengan situasi dan kondisi. Upacara Pakelem memiliki fungsi untuk menyembah supremasi dan juga murahnya tak terbatas untuk penghargaan atas kehidupan, kesuburan, kemakmuran, sebagai dampak dari adanya keseimbangan ekosistem sehingga memberi manfaat bagi kehidupan dan kehidupan alam semesta selama-lamanya, selama Danau Beratan dan Gunung Beratan berdiri.

sekoci pura ulun danu beratan

Ulun Danu Beratan dibuka untuk Pengunjung

Jika kita melihat ke lokasi, Ulun Danu Beratan ini terletak di danau Beratan dan merupakan Pura Bali yang unik yang kini banyak dikunjungi wisatawan berkunjung ke tempat ini. Ini adalah salah satu Tempat Wisata Bali yang terkenal terletak di daerah dataran tinggi dan dikelilingi oleh cuaca yang dingin dan memiliki pemandangan indah yang memberi kesan bagi setiap pengunjung. Lokasinya strategis di samping jalan utama dari Denpasar ke Singaraja. Sangat mudah untuk menemukan pura ini dengan mengikuti jalan utama dengan akses yang baik. Anda juga bisa mengikuti Wisata Bedugul atau Wisata Singaraja untuk mengunjungi pura yang indah ini.