SHARE

Pulau Serangan adalah sebuah pulau kecil yang terletak 10km sebelah selatan Denpasar,sekitar 3 km dari Bypass Ngurah Rai dan pulau terdekat ke Bali,memiliki luas wilayah hanya 180 hektare dan populasi sekitar 2.500. 

Sering disebut dengan ‘Turtle Island’.Ukuran pulau itu 112 hektar sebelum reklamasi itu terjadi di akhir 90-an yang termasuk proyek jalan yang menghubungkan pulau ke Bali. Pulau Serangan adalah tempat bersarangnya penyu hijau,selain itu juga pantai pulau ini menjadi berselancar para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau Serangan juga terkenal bagi masyarakat Bali sebagai lokasi Pura Sakenan, salah satu pura yang paling banyak dikunjungi untuk tujuan keagamaan di bagian selatan Bali.

Pulau Serangan ( Turtle Island ) terdapat penangkaran penyu atau kura kura, dan yang paling banyak penyu yang ditangkar adalah, tiga spesies penyu yaitu penyu hijau, penyu sisik dan penyu Olive Ridley. Tapi dari puluhan bayi Penyu Olive Ridley, hanya beberapa dari mereka yang mampu bertahan. Menariknya dari kura-kura ini, ketika bayi mereka kehitaman berwarna hijau, tetapi mereka akan menjadi putih ketika mereka lebih tua (sekitar 5 tahun).Penyu ( atau kura kura ) sekarang dilindungi di Bali karena spesies mereka hampir punah dan wisatawan disarankan untuk menahan diri dari makan daging kura-kura atau membeli produk yang terbuat dari penyu.Di pulau ini, ribuan kura-kura yang dibesarkan dan dikembangbiakan oleh lembaga pemerintah daerah dengan bantuan dari “Turtle Conservation and Education Centre”.Di pulau ini, penjualan penyu dilarang, Anda bebas untuk menikmati keindahan alam pulau ini dan merasakan sensasi berenang dengan kura-kura

Biasanya Penangkaran penyu ( kura kura  ) di buka dari jam 09.00 – 17.00 wita untuk umum.Setiap malam banyak orang yang melakukan aktifitas memancang di pinggir pantai serangan.

Komoditi yang di hasilakan penduduk serangan adalah rumput laut, yang di gunakan sebagai alat komestik dan kecantikan.Dan masyarakat sekitar rumput laut digunakan sebagai bahan makanan seperti rujak lumput laut atau rujak bulung.Tidak ada salahnya anda mengunjungi wisata ini karena dekat dengan objek wisata Kuta, Hutan Magrove, Pantai Sanur, Tanjung Benoa.