SHARE

Sebagian besar desa di Bali telah ada sendiri tradisi sakral dan non-sakral unik yang masih dipraktekkan saat ini, meskipun pengaruh global moderisasi semakin kuat . warisan kutural leluhur secara khusus terjaga dengan baik di daerah seperti Kintamani, Bangli.

Wilayah ini yang terkenal dengan jeruk yang memiliki permainan Dalem seremonial disebut magoak-goakan yang dimainkan setahun sekali untuk Nyepi. Ada banyak makna terkait dengan tradisi ini.

Magoak-goakan berlangsung pada 3 Maret tahun ini di Kintamani Desa persegi di mana penduduk desa mulai tiba di sekitar 08:00 dengan pakaian tradiutional. Meskipun harus berjalan sepanjang 0,5 kilometer dari jalan raya, orang tua, anak-anak, tua dan muda yang sangat antusias.

Berbekal keinginan untuk melakukan karya bakti, orang orang bahkan semangat untuk berpartisipasi dalam permainan Goak-goakan di mana setiap orang dibagi menjadi kelompok 11 orang. Setiap kelompok terdiri dari semua wanita atau semua orang dan masing-masing kelompok membentuk garis dengan memegang orang di depan pinggang mereka ini. Kelompok kemudian mulai mulai menyanyikan lagu Goak-goakan saat mereka berjalan dalam lingkaran.

Begitu lagu berakhir, akhir setiap baris terdiam dan mulai orang mulai saling berkejaran. Ini adalah saat menyenangkan nyata dimulai. Beberapa peserta jatuh dan lainnya didorong keluar dari zona digambarkan. Mereka yang ditangkap adalah yang tumbang, sementara sorak-sorai dan tertawa penonton membuat permainan ini semakin seru.

Permainan Magoak-goakan ini telah menjadi bagian dari warisan di Kintamani ini sejak pertama desa didirikan dan dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa kesabaran, keakraban dan kesatuan di antara penduduk desa dan juga berfungsi untuk menghilangkan enerfi negatif.

Hari setelah magoak-goakan, penduduk desa pergi untuk mencari kayu bakar di hutan terdekat dan selama dua hari setelah permainan Goak-goakan, tidak ada yang diizinkan untuk melakukan acitvities terkait dengan bumi seperti mencangkul tanah. “Itu adalah salah satu cara yang di gunakan masyrakat Kintamani untuk mencapai keselarasan dengan alam