Home Article Adventure di Bali Pantai Pandawa ( Secret Beach )

Pantai Pandawa ( Secret Beach )

775
0
SHARE

Pantai Pandawa berlokasi di Desa Kutuh, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, sekitar 3 km dari daerah Nusa Dua yang dan Pura Uluwatu. Karena letak dari pantai ini di balik bukit kebanyakan wisatawan menyebutnya dengan Secret Beach. Pantai Pandawa adalah pantai berpasir putih dengan panjang sekitar 1 km yang diapit oleh dua buah tanjung kecil di sebelah kiri dan kanan sebagai penghalang. Pantai ini membentuk bulan sabit jika dilihat dari udara dengan lebar sekitar 250 meter jika ditarik garis dari garis pantai ke darat. Bagian dari dataran pantai ini dibatasi oleh bukit-bukit yang sangat curam dan terjal yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Sebelum pantai ini terkenal akses ke pantai ini sulit sehingga pantai ini sering sepi, hanya beberapa wisatawan domestik dan peselancar saja yang yang seing kesini. Kemudian pemerintah Badung membuat jalan yang lebih baik menuju pantai ini dan terdapat parkir yang luas.  Karena pemerintah Badung menyadari Pantai Pandawa akan menjadi objek wisata baru. Anda melewati panorama indah tebing tinggi. Tersembunyi di balik tebing kapur yang mengungkapkan pandangan luas ke Samudera Hindia, Pantai Pandawa pernah juga dijuluki sebagai ‘Secret Beach’ dan secara resmi dibuka pada tahun 2012, dan sangat cepat mendapatkan popularitas di kalangan wisatawan lokal dan wisatawan internasional.

Selain panorama alam laut yang mengesankan dari pasir putih dan langit biru, Pantai Pandawa juga terkenal untuk medan yang mengesankan, sisi samping dinding tinggi, sementara tebing menghadap laut pertengahan menuruni lereng fitur lengkungan sangat diukir dibuat dengan patung-patung besar. Dalam perjalanan ke pantai, kita akan menemukan beberapa gua dengan ornamen indah patung batu putih mengambil inspirasi dari Panca Pandawa (5 saudara besar dari Mahabaratha zaman). Patung-patung indah dengan ornamen Bali dan menjadi salah satu tempat untuk mengambil foto ketika mengunjungi pemandangan ini. Nama Pandawa Beach ini diambil dari nama dari 5 bersaudara besar di Mahabaratha zaman terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sahadewa. Cerita ini telah menginspirasi kehidupan sosial Hindu Bali yang sedang mencerminkan budaya mereka.

Jalan dari sini bercabang dua arah menuju dua bagian yang berbeda dari Pantai Pandawa. Bagian timur terdiri warung lokal yang menjual makanan ringan dan minuman, di pinggir pantai banyak payung payung untuk para tamu berjemur, daerah ini adalah sedikit kasar karena batu-batu besar di sepanjang pasir, kemungkinan besar puing-puing dari konstruksi jalan sebelum melalui renovasi. Bagian Barat, bagaimanapun, memiliki kawasan yang lebih bersih, dengan berbagai kegiatan olahraga air dan penyewaan peralatan, kafe, dan warung yang menyajikan seafood, masakan lokal, sandwich dan burger. 

Selain itu, ada juga kegiatan rekreasi yang menarik di daerah ini yang disebut paralayang, surfing dan olah raga air lainnya. Pantai pandawa berada bagian selatan pulau Bali. Oleh karena itu, Pantai Pandawa  juga dikenal sebagai Pantai Kutuh. Hal ini tidak begitu sulit untuk menemukan pantai ini. Pantai ini sejalan dengan pantai-pantai lainnya di Bukit Peninsula, seperti Balangan, Dreamland, Padang Padang, Suluban, dan lain-lain. Untuk harga tiket masuk ke pantai ini sebesar 10000/perorang dan 5.000 untuk parkir mobil ( belum di update )