Home Article Wisata di Bali Monumen Bajra Sandhi Denpasar

Monumen Bajra Sandhi Denpasar

429
0
SHARE

Monument Bajra Sandhi adalah monumen untuk memperingati perjuangan Bali terhadap kolonialisme Belanda yang direplikasi di gedung yang indah dan artistik dirancang oleh arsitektur Bali 

dalam bentuk Bajra (bel) yang biasanya digunakan oleh pendeta Hindu melantunkan Veda (Mantra) di setiap upacara keagamaan . Monumen ini dibangun pada tahun 1987 yang diresmikan oleh Presiden Indonesia saat itu, Ibu Megawati Soekarno Putri pada 14 Juni 2003. Tujuan dari monumen adalah untuk mengabdikan jiwa dan semangat masyarakat Bali berjuang serta menggali, memelihara , mengembangkan dan melestarikan budaya Bali untuk mewariskan kepada generasi mendatang sebagai langkah modal maju dan menginjak dunia yang diisi oleh tantangan dan hambatan.

Monumen ini terletak di Niti Mandala, Renon, Denpasar, daerah di mana sebagian besar kantor-kantor pemerintah berada. Ini berdiri megah di tengah lapangan hijau yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk olahraga seperti jogging, sepak bola dan bola basket selama pagi atau sore sesi awal dan selalu penuh orang yang melakukan kegiatan pada hari Minggu pagi.Tempat ini selalu ramai mungkin karena lokasinya tepat di jantuing kota Denpasar

  • Nistaning Utama Mandala
    Ini adalah nama dari lantai dasar monumen yang dilengkapi dengan pusat informasi, perpustakaan, ruang pameran, fasilitas konferensi dan toilet.
  • Madyaning Utama Mandala
    Lantai kedua monumen fitur 33 diorama yang menggambarkan sejarah Bali, dimulai dengan awal kerajaan Bali dan pengenalan Hindu, semua cara untuk menyajikan hari.
  • Utamaning Utama Mandala
    Setelah mendaki tangga spiral curam Anda dapat mengakses lantai tiga monumen dari mana Anda dapat menikmati pemandangan seluruh kota Denpasar.

Lokasi Bajra Sandhi 

Monumen Bajra Sandhi, terletak di pusat Kota Denpasar tepat di depan Kantor Gubernur Bali. Terletak di Desa Renon, Kabupaten Denpasar yang mudah diakses dari segala arah dan dekat dengan tujuan wisata terkenal lainnya di Denpasar seperti Pasar Traditional Badung, Pura Jagatnatha, Bali Art Center, Museum Bali dan Pantai Sanur.

Ulasan Monumen

Monumen ini berisi 33 diorama yang menggambarkan sejarah prasejarah (300.000 SM) bahwa manusia masih bergerak dan sangat tergantung pada sifat sampai era kemerdekaan (1950-1975) di mana perkembangan Bali yang mencakup semua aspek seperti politik, ekonomi dan budaya sosial. Setelah mengetahui dan memahami jalannya sejarah, jiwa dan semangat masyarakat Bali berjuang dari waktu ke waktu dapat diharapkan untuk memperkuat identitas budaya dan lebih atas pariwisata di Bali dikembangkan sebagai Budaya agar tidak tergerus oleh zaman globalisasi. Dalam perkembangannya, Bajra Sandhi menjadi lebih terkenal dan didirikan sebagai tujuan wisata di Bali dan banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap hari.

Address Jl. Raya Puputan Niti Mandala Renon Denpasar
Entrance fee Adult: Rp. 12.000 / Child Rp. 5000
Opening hours : Monday to Friday: 8:30 am – 5 pm