SHARE

Sudah sejak lama indonesia terkenal sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di dunia. Itu di karenakan letak geografis negara kita cocok untuk berkebun kopi.

Selain Geografis iklim juga mendukung negara kita berkebun kopi. Pulau Jawa dan Sumatra banyak terdapat perkebunan-perkebunan kopi sejak masa tanam paksa pemerintahan kolonia Belanda.

Untuk sekarang yang sangat terkenal untuk jenis kopi dari Indonesia adalah kopi luwak. Bahkan sudah terkenal sampai ke penjuru dunia. Apa itu kopi luwak ? Kopi luwak atau musang yaitu biji kopi yang di ambil dari sisa pembuangan kotoran luwak, Karena telah melalui pencernaan luwak atau musang jadi memiliki rasa yang beda. Anda pasti ingin mencobanya bukan ??? 

Di Bali sudah banyak terdapat agrowisata atau perkebunan kopi dan bisa melihat proses pembuatan kopi luwak secara langsung. Di daerah Tegalalang Gianyar Bali terdapat Agrowisata Bali Pulina yang unik, dan lain dari pada yang lain. Disini anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan kopi luwak. Biasanya dari awal dimulai dengan pemberian makan luwak dengan kopi, nanti akan di ambil sisa kotoran dari luwak, selanjutanya akan di jemur sampai kering, setelah kering, dicuci dengan menggunakan air panas setelah itu di jemur lagi dan kulitnya dikupas. Biasanya kopi yang benar benar bagus dan masak yang di berikan kepada luwak untuk menjamin rasa dan kwalitasnya.

Selanjutanya lagi kawan, anda bisa mencicipi 8 jenis minuman kawan di bagian showroomnya Agrowisata Bali Pulina , kopi coklat, teh jahe, kopi vanilla, kopi bali, coklat asli, tenang saja semua minuman itu gratis, tetapi untuk harga kopi luwak Rp 50 ribu untuk harganya per cangkir. Terdapat tempat duduk yang asik melihat indahnya pemandangan, ada tempat yang asik untuk berfoto untuk kenang kenangan. Sebuah dek yang yang seperti dek kapal laut, disana anda bisa duduk atau berfoto sambil memesan kopi luwak. Terdapt juga Bale bale ( Gazebo ) yang di gunakan untuk wisatawan bersantai sambil menikmati kopi luwak di Agrowisata Bali Pulina. 

Keunikan lainnya adalah saat kita sampai di Agrowisata Bali Pulina anda akan di sambut staff disana dan akan membunyikan kentongan bahwa ada wisatawan yang akan berkunjung. Lokasi Agrowisata Bali Paulina tepatnya berada di  Jalan Br. Pujung Kelod, Tegallalang, Gianyar, Bali. Telp (0361) 901728. Buka setiap hari dari Senin-Minggu mulai pukul 10.00-22.000.