SHARE
jajan timus bali

Manisnya Jajan Timus Merangsang Nafsu Makan – masyarakat Bali memiliki berbagai jajan atau kue tradisional yang sangat lezat. Salah satunya adalah Jajan timus mengambil bahan dari singkong sebagai bahan utama. Dengan bentuk memanjang seperti guling dibungkus dengan daun pisang. Ketika ingin mencoba kue atau jajan ini, Anda harus membuka bungkusnya pertama dan kemudian menikmatinya. Jajan Timus memiliki warna alami merah kecoklatan karena pengaruh dari gula merah sebagai campuran. Menikmati kue timus ini lebih cocok disertai dengan kopi atau teh. Salah satu bagian yang cukup untuk meringankan rasa lapar. Oleh sebab itu, itu adalah camilan yang tepat bagi petani di desa ketika bekerja di sawah mereka.

Jajan timus baliHal ini juga sering disajikan ketika orang mengatur kegiatan sosial-keagamaan dan saling membantu di antara orang-orang Hindu di Pulau Dewata. Kue tradisional ini memang menghilang karena ada banyak pilihan kue-kue modern. Namun, kemudian muncul lagi dan dijual di pasar tradisional atau toko-toko kue. Hal ini disukai oleh masyarakat perkotaan yang berasal dari desa-desa. Makan Jajan timus akan mengingatkan mereka tentang masa lalu yang sederhana dan indah. Ini adalah kue tradisional yang bahan dan metode persiapan sangat sederhana. Ini adalah makanan ringan ramah lingkungan dikukus dan akan lebih baik untuk dinikmati sementara masih hangat.

Jajan ini dibuat dari singkong, gula merah, garam, daun pisang dan ditusuk denga tusuk bambu. Pada awalnya, singkong dibersihkan dan dikupas terus parut. Setelah itu, mencampurnya dengan gula merah yang diiris tipis tipis. Campur garam sesuai selera anda. Siapkan daun pisang dan kemudian mengambil adonan singkong dan tempat di daun pisang dan bungkus dalam adonan yang tepat. Pada ujung daun pisang yang disematkan dengan tusuk bambu. Pada akhirnya, dikukus dalam panci selama sekitar 30 menit atau sampai matang. Kemudian, angkat dan tiriskan. Sekarang siap untuk dinikmati.