SHARE

Air Terjun Tegenungan yang terletak paling dekat dengan Kota Denpasar dan satu-satunya air terjun yang terletak tidak di dataran tinggi atau pegunungan. Air terjun Tegenungan terletak di desa Tegenungan Kemenuh, Sukawati Kabupaten Gianyar.

Jaraknya hanya sekitar 16 km dari Denpasar atau 30 menit berkendara. Air nya berasal dari Tukad Petanu cukup unik. Meskipun tidak begitu tinggi (hanya sekitar empat kaki tinggi), aliran air sangat deras. Air juga bersih dan jelas. Sangat cocok untuk mandi atau hanya bermain-main air.

Pemandangan alam di sekitar Air Terjun Tegenungan cukup indah, dengan pohon-pohon hijau dan indah. Dekat air terjun telah dibangun dengan beberapa tempat mandi yang airnya dari mata air alami. Penduduk setempat sering mandi dan mengambil air untuk konsumsi sehari-hari di pemandian tersebut, terutama di pagi dan sore hari. Jika Anda suka, Anda juga bisa mandi di sana.

Untuk mencapai Air Terjun Tegenungan, dari tempat parkir, Anda harus turun sekitar 150 anak tangga. Setelah itu, pergi di sepanjang tepi Sungai Petanu.. Pada saat turun ke air terjun, mungkin tidak terlalu melelahkan. Namun, ketika anda kembali ke tempat parkir disana uji ketahanan tubuh anda di uji. cukup Adil bukan heheh ! Hitung hitung sambil olahraga. Anda tidak perlu khawatir, ketika anda haus atau lapar setelah bermain di Air Terjun Tegenungan. Di tempat parkir, ada warung-warung sederhana yang menjual makanan dan minuman ringan. Anda dapat makan dan minum di toko sambil menikmati keindahan Tegenungan Waterfall dari kejauhan.

Bagi pecinta fotografi, Anda harus datang ke Air Terjun Tegenungan di sore atau malam hari, sehingga Anda bisa mendapatkan gambar yang bagus. Alasan air terjun ini menghadap ke barat. Jika Anda datang di pagi hari, Anda akan merasa sulit untuk mendapatkan foto yang baik karena cahaya yang masuk ke kamera Anda akan kalah dengan sinar terik matahari pagi sehingga gambar Anda akan lebih terbuka. Sore atau malam hari, ketika matahari tinggi atau bersandar sedikit ke barat adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke Air Terjun Tegenungan

Dari Denpasar menavigasi kendaraan Anda menuju Gianyar. Setelah melewati Pasar Seni Sukawati, melanjutkan perjalanan Anda untuk tiba di persimpangan dengan lampu merah dan ada arah untuk Tegenungan. Dari persimpangan, Anda belok kanan sejauh 1500 meter, dan tiba di Desa Tegenungan. Banyak objek wisata yang ada di dekat wisata ini, seperti Pasar Seni Sukawati dan Pasar Seni Guwang, Desa Bona dan Belega, Goa Gajah serta pantai di Keramas.

Dalam sehari, turis mencapai sekitar 100 orang yang berasal dari berbagai negara. Sementara di musim liburan, obyek dikelola oleh Desa Tegenungan kewalahan oleh wisatawan lokal. “Untuk wisatawan asing, mereka didominasi oleh Rusia, Australia, Eropa dan sekarang banyak wisatawan dari Thailand. Kalau wisatawan domestik sebagian besar dari Jawa,

Untuk dapat menikmati air terjun, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp 10.000.