SHARE

Di jalan menuju  ke kota Semarapura Klungkung anda akan menemukan goa goa kecil di sepanjang jalan di Desa koripan Banjarangkan. Goa itu populer di sebut Goa Jepang.

Goa Jepang di klungkung yang terdiri dari 16 lubang dibuat di dinding tebing di samping ruas jalan Semarapura- Denpasar, tepat di atas Sungai Bubuh. Gua yang terletak di ujung Utara dan Selatan berdiri gua sendiri. Sementara itu, 14 gua lainnya saling berhubungan satu sama lain dengan lorong panjang. Menariknya, ini gua Jepang yang sangat strategis adalah memorabilia dari era kolonial. Di depan mereka, orang bisa melihat pemandangan yang menarik dengan suara air mengalir dari Sungai Bubuh.

Goa ini di bangun pada masa pemerintahan jepang di indonesia, banyak terdapat goa seperti ini di indonesia. Fungsi dari goa ini pada zaman itu untuk melindungi diri dari serangan sekutu. Goa ini di bangun sekitar tahun 1941 -1942. Kita harus menjaga dan melestarikan bangunan peninggalan zaman dulu. Tidak ada salahnya anda mampir ke Goa ini dan melihat lihat jika lewat ke jalur Gianyar – Semarapura Klungkung.