SHARE

Dermaga Nyuh Nusa Penida merupakan salah satu pintu masuk ke Pulau Nusa Penida, pelabuhan ini berada di bagian barat dari pulau Nusa Penida. Dermaga ini memang sedang ramai semenjak Nusa Penida menjadi mutiara baru tujuan wisata dari provinsi Bali. Untuk sampai ke dermaga ini bisa di tempuh dengan fast boat dari pelabuhan Sanur Denpasar Bali.

Dermaga Nyuh Nusa Penida ini menawarkan keindahan yang masih alami, salah satu fast boat yang menggunakan dermaga ini adalah Dwi Manunggal, untuk tiketnya bisa di beli di pelabuhan Sanur. Jarak yang di tempuh dari Pelabuhan Sanur sekitar 30 sampai 40 menit perjalanan dengan fast boat.

pelabuhan sanur blingurah
pelabuhan sanur blingurah

Pesona Dermaga Nyuh Nusa Penida

Dermaga ini memang belum tertata rapi tetapi pemandangan yang di tawarkan sungguh menakjubkan, kita bisa melihat Gunung Agung dari dermaga dengan jelas, selain itu dermaga ini berpasir putih, dengan banyak kerang kerang laut. Terdapat beton besar yang seperti jalan untuk tempat bersandar kapal roro bisa di jadikan tempat bersantai sambil melihat lautan lepas, serta wistawan yang asik bermain water sport.

dermaga nyuh nusa penida blingurah
dermaga nyuh nusa penida blingurah

Untuk urusan akomodasi tidak usah bingung, karena sudah banyak warung warung kecil yang menjual makanan dan minuman. Untuk masalah transport, penduduk setempat sudah banyak yang menyediakan rental motor yang sehari dengan harga sewa sekitar Rp 70.000 sampai Rp 90.000 dan untuk rental mobil sekitar Rp 500.000 sampai Rp 700.000 Selain itu untuk tempat menginap juga banyak tersedia di dekat dermaga ini seperti Semabu Hill Nusa Penida yang hanya berjarak sekitar 10 menit perjalanan dari dermaga.

view dermaga nyuh nusa penida
view dermaga nyuh nusa penida

Obyek Wisata Terdekat

Dari Dermaga Nyuh Nusa Penida kita bisa mengunjungi pelabuhan Toya Pakeh sekitar 5 Menit perjalanan dengan mobil, disini kita bisa melakukan aktifitas snorkeling dengan spot spot menarik seperti Budha Temple untuk melihat patung Budha di dasar laut, GT Toya Pakeh melihat ikan besar yang dekat dengan phanton dari Quiksilver Cruise.

snorkeling di budha temple nusa penida
snorkeling di budha temple nusa penida

Obyek wisata lainnya sekitar 30 menit perjalanan menuju ke obyek wisata Angel Billabong dan Broken Beach karena jarak mereka berdekatan. Saran saya sebaiknya kalau kesini sewa mobil plus supir atau paket tour Nusa Penida yang sudah All Include karena jalanan menuju kedua obyek wisata tersebut masih belum bagus. Selanjutnya dekat juga dengan Pantai Kelingking. Sekitar 30 Menit perjalanan dari Dermaga Nyuh kita akan menuju Pantai Crystal Bay yang terkenal akan pasirnya sebening crystal dan spot untuk snorkeling.

broken beach nusa penida blingurah
broken beach nusa penida blingurah
crystal bay nusa penida blingurah
crystal bay nusa penida blingurah
Angel Billabong Nusa Penida
Angel Billabong Nusa Penida Bli Ngurah
pelabuhan toya pakeh
pelabuhan toya pakeh Bli Ngurah

Saran Liburan ke Nusa Penida

  • Gunakan sandal jepit karena ketika naik dan turun dari Fast baot akan terkena air
  • Pakai topi, karena cuaca di Nusa Penida cukup panas
  • Bawa Kamera karena pemandangan di Nusa Penida sungguh mengagumkan
  • Bawa uang tunai
  • Gunakan pemandu dari Nusa penida baik sewa motor atau sewa mobil
Lokasi Dermaga Nyuh Nusa Penida
taman wisata perairan nusa penida
taman wisata perairan nusa penida

Dermaga ini berada di Banjar Nyuh Nusa Penida, Klungkung, Bali, Indonesia