SHARE

Bagi mereka yang suka melihat pemandangan alam air terjun di Bali, Air terjun Sekumpul salah satu objek wisata yang harus dikunjungi di Bali.

Air Terjun Sekumpul yang disebut-sebut sebagai air terjun paling indah di Bali. Tepatnya di Jalan Raya Desa Sekumpul, Desa Sekumpul, Sawan, Kec. Buleleng, Bali. Jika Anda tinggal di daerah Kuta, untuk menuju air terjun Sekumpul Anda perlu 2 jam 55 menit untuk sampai ke sana dan jarak sekitar 92 kilometer atau 57 mil.

Lokasi ini cukup dekat dengan Air Terjun Lemukih, hanya sekitar 2 km. Maklum, Desa Sekumpul dan Desa Lemukih memang tetangga. Untuk melihat Air terjun Sekumpul lebih dekat, dibutuhkan sedikit usaha dan perjuangan. Dari tempat parkir, Anda harus berjalan cukup jauh, melewati jalan kotoran, menuruni ratusan anak tangga, dan di seberang sungai. Ketika Anda mengendarai sepeda motor, Anda masih bisa naik dari tempat parkir (dekat jendela tiket), untuk akhir jalan. anda akan melewati beberapa rumah penduduk lokal dan anda akan terkejut bahwa ada begitu banyak pohon buah-buahan di sekitar desa. Ada pohon-pohon rambutan dan durian di keliling anda. Setelah akhir jalan keluar, jalan berubah menjadi jalan tanah yang sempit (jalan setapak).

Tidak lama menyusuri jalan, Anda tiba di sebuah bale bengong (gazebo). Dari bale bengong, anda akan melihat Air Terjun Sekumpul sangat cantik di kejauhan. Yang membuat air terjun ini berbeda dari kebanyakan air terjun, Air Terjun Sekumpul bukan hanya terdiri dari satu atau dua air terjun. Setidaknya ada tujuh air terjun yang terletak terpisah. Tujuh air terjun yang tersebar di tebing tinggi dan dikelilingi oleh pohon-pohon hijau yang menyenjukan mata anda. setiap Air terjun memiliki bentuk dan ketinggian yang berbeda. Benar benar menakjubkan kawan. Tidak salah jika Air terjun Sekumpul dinobatkan sebagai air terjun paling indah di Bali.

Jangan lupa untuk membawa handuk dan hal-hal mandi untuk semua perjalanan Anda seperti yang Anda dapat berenang di sebagian besar kolam di bawah air terjun. Juga dianjurkan untuk membawa sepatu kokoh karena beberapa jalur yang licin dan berlumpur, terutama selama musim hujan. Semoga informasi ini dapat membatu Anda yang ingin menikmati liburan dengan suasana alam yang ada di Bali